Minggu, 21 April 2013

Install IIS



Install IIS (Internet Information Service) sebenarnya sangat mudah. Lanjut dari artikel sebelumnya mengenai Pengertian IIS, pada artikel ini Saya akan membahas tentang cara menjalankan dan instalasi IIS (internet information Service). Bagi yang belum tahu tentang IIS itu apa, kalian bisa membaca kembali artikel tentang Pengertian IIS
Internet Information Services atau disingkat IIS sebenarnya sudah terinstall (terpasang) untuk pengguna Sistem Operasi Windows (versi IIS bisa dilihat pada artikel Pengertian IIS).  Hanya saja IIS tidak aktif secara otomatis, yang artinya pengguna Windows harus melakukan pemasangan (installation) secara manual untuk menggunakan dan menjalankan IIS. Cara untuk mengaktifkan nya sebenarnya sangat sederhana dan tidak membutukan aplikasi tambahan. Berikut cara pengaktifannya:
  1. Tekan tombol Start Windows kemudian pilih Control Panel, kemudian pilih Program and Features
  2. Atau Anda bisa langsung search “Program and Features” pada tombol Start Windows kemudian tekan enter
  3. Lalu pilih menu “Turn Windows features on or off” pada kiri atas Program and Features hingga muncul Windows Features (Seperti pada gambar dibawah ini).
  4. Ceklis pada Internet Information Services  (IIS), World Wide Web Services, dan Application Development Features.
  5. Hingga muncul menu progress berikut. Tunggu hingga progress bar selesai.
  6. Jika sudah selesai Anda bisa melakukan pengecekan, apakah IIS sudah berhasil diaktifkan? Caranya adalah; buka browser Anda kemudian tuliskan http://localhost pada address bar. Jika berhasil maka akan suatu halaman seperti pada gambar dibawah ini.
Berikut adalah cara install IIS / pengaktifan IIS. Saya menggunakan Sistem Operasi Windows 7 dan pada Operasi Sistem Windows yang lainnya seperti XP dan Windows Vista pun tidak jauh berbeda untuk proses pemasangannya. Semoga artikel ini berguna bagi Anda dan selamat mencoba
Nb: Jika Anda menginstall dan menjalankan XAMPP, biasanya IIS tidak akan muncul / tidak jalan. Agar IIS dan XAMPP bisa jalan, alternatifnya adalah dengan cara mengganti Setting Port pada XAMPP atau mengganti Default Port pada IIS.


0 comments:

Posting Komentar